Sempat Viral, Penyebar Kabar Hoax Terkait Dana Desa Mengaku Menyesal

Foto: Indra Sasongko menulis surat pernyataan dengan disaksikan Ayahnya, kepala dusun, serta perangkat desa

Jombang, (Suryamojo.com) – Dunia jagat maya mendadak gempar dengan postingan seorang pemuda pemilik Akun FB Sansoko Sansoko Sansoko yang menyampaikan kabar bahwa “Desa Kalangan Keplaksari Peterongan Viral lur..Dana Desa 600 rb yg dicairkan hny 200 rb waktu pencairan tdk sesuai STEMPEL BULAN bnyk Warga yg protes Tapi PETUGAS e sembunyi Hak anak cacat iku dosa dibawa Mati ohh..Hayo. Kepla DESA BESERTA PERANGKAP pie iki”.

Indra Sasongko, pemilik akun FB Sansoko yang merupakan warga Dusun Kalangan, RT/RW 02/02, Desa Keplaksari, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, dengan bangga menyebar kabar yang tidak bisa dipertanggung jawabkan ke beberapa grup medsos sekitar jombang, salah satunya grup INFO LANTAS DAN KRIMINAL JOMBANG. Tanpa komando, kabar tersebut mendapat berbagai respon dari ratusan nitizen.

Menanggapi kabar miring tersebut, Pemdes Keplaksari melalui Kepala Dusun Kalangan Wiji Shobirin tidak serta merta melakukan respon, namun dengan besar hati memanggil yang bersangkutan (Indra) untuk menyampaikan klarifikasi, meskipun beberapa perangkat sempat geram dengan ulah pemuda yang baru menikah tersebut.

Proses klarifikasi yang bertempat di rumah kepala dusun Kalangan malam itu dihadiri Indra Sasongko didampingi orang tuanya M. Arifin, Babinkamtibmas, perangkat desa, BPD, dan RT.

Dalam pertemuan tersebut, Indra Sasongko menyadari kesalahannya dan meminta maaf karena sudah menyebar kabar bohong/hoax. Selanjutnya Indra menulis surat pernyataan permintaan maaf dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

“Usai membuat pernyataan, Indra membacakannya dengan direkam menggunakan Hp dan dipublikasikan ke grup medsos,” tutur Kasun.

Alhamdulillah proses klarifikasi berlangsung lancar dan aman. Semoga dengan kejadian ini, pelaku mendapat pembelajaran bahwa menyebar berita Bohong atau hoax bisa berurusan dengan hukum,” imbuh Kasun. (Yon)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *