Komplotan Curas Spesialis Minimarket Dibekuk Satreskrim Polres Jombang

Foto: Kapolres didampingi Waka Polres, Kasat Reskrim dan Kabag Humas saat menunjukkan BB

Jombang, (Suryamojo.com) – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Jombang, berhasil menangkap Empat komplotan pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) yang biasa menyasar Minimarket. Kamis, 9 September 2021.

Komplotan asal Pasuruan ini bernasib naas usai melakukan aksinya di sebuah mini market yang berada di Desa Kayen, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, pada Kamis dini hari sekitar pukul 02.25 WIB.

Empat pelaku pencurian tersebut merupakan warga Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Yaitu Wanto (33), Samsul Anas (25), Novi Siswo Prakoso (26) dan Kasiono (26).

Modus pelaku dengan menakut-nakuti korbannya dengan menodongkan senjata jenis pistol air soft gun. Senjata tersebut ditodongkan ke kasir dan dipaksa untuk menunjukkan brankas. Pistol juga sempat ditembakkan sebanyak dua kali yang salah satunya mengenai show case (kulkas), tutur Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho Pimpin saat memimpin Pers Release. Jumat, 10 September 2021.

Didampingi Waka Polres, Kasat Reskrim dan Kabag Humas, AKBP Agung Setyo Nugroho menambahkan, keempat pelaku berhasil diamankan kurang dari 24 jam di rumah masing-masing setelah melakukan aksinya. Dua tersangka dilakukan tindakan tegas oleh petugas karena melawan saat dilakukan penangkapan.

“Dua tersangka harus dilakukan tindakan tegas terukur oleh petugas karena melawan dan membahayakan petugas saat akan diamankan,” tegas Kapolres.

Dari hasil pemeriksaan, para pelaku sudah empat kali melakukan aksinya di lokasi yang berbeda. Diantaranya Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Dalam aksinya kemarin, pelaku berhasil menggondol uang sebesar Rp 16.065.500 (Enam Belas Juta Enam Puluh Lima Ribu Lima Ratus Rupiah),” imbuhnya.

Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan barang bukti Satu unit mobil Toyota Avansa warna Putih Nopol : N-1978-SK (Rental), Satu pucuk senjata jenis airsoft gun beserta pelurunya, Uang tunai Rp. 4.770.000, sisa hasil kejahatan.

“Para pelaku terancam pasal Pencurian dengan kekerasan (Curas) sebagaimana dimaksud dalam pasal 365 KUHP, dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara,” pungkasnya. (Yon/Dian)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *