Cerita Seru Brigadir Futo Menjadi Narasumber Pelatihan Media Sosial Polda Kalbar

 

Trenggalek, (Suryamojo.com) – Salah satu anggota Polres Trenggalek Brigadir Futo Parietal Prasetyo, S.H. menjadi nara sumber dalam acara pelatihan media sosial yang digelar di Mapolda Kalbar Pontianak. Ia merupakan salah satu dari rombongan Binhumas Polda Jatim dibawah pimpinan Kombes Pol Frans Barung Mangera. Senin (23/04/2018)

Dalam acara yang dihadiri oleh Kabidhumas Polda Kalbar Kombes Pol Nanang Purnomo dan perwakilan dari masing-masing Polsek se-Kalbar tersebut, Brigadir Futo menyampaikan materi tentang manajemen media sosial. Bagaimana metode yang diterapkan, mekanisme hingga mengolah opini publik.

“Lonjakan teknologi telah menciptakan cara baru berkomunikasi menjadi lebih cepat dan mudah dan hampir setiap orang memiliki smartphone. Bisa dipastikan, dari setiap pemegang smartphone itu mempunyai satu atau lebih akun media sosial seperti facebook, twitter dan lain-lain” Ujar Brigadir Futo

Menurutnya, Media sosial akan membawa manfaat jika digunakan secara bijak, sebaliknya media sosial juga bisa menjadi bumerang jika digunakan sebagai alat provokasi, penyebaran Hoax dan ujaran kebencian. Lebih-lebih isu Sara maupun Radikalisme.

“Banyak kita temukan konten-konten negatif yang bernuansa Sara maupun ujaran kebencian. Nah Tugas kita sebagai anggota Polri adalah meminimalisir dampak yang ditimbulkan serta melakukan penindakan tegas dengan melihat jejak digital yang ada” Ucapnya di hadapan peserta pelatihan.

Masih kata Brigadir Futo, ada beberapa cara untuk menekan dampak negatif media sosial diantaranya pola preemtif dengan cara mengedukasi para netizen maupun jurnalis warga melalui grup-grup dan melakukan sosialisasi melalui kegiatan tatap muka. Preventif dengan patroli siber, counter opini dan penyampaian informasi sesuai fakta yang ada. Sedangkan tindakan represif diberikan jika pelaku tidak mengindahkan peringatan hingga perlu dilakukan take down akun ataupun tindakan hukum.

Baca juga  Satgas Yonif 721/Makkasau Gelar Komsos di Kampung Ninabua

Tak sekedar berbagi wawasan, Brigadir Futo langsung mempraktekkan cara pengelolan media sosial di hadapan para peserta. Para peserta yang rata-rata masih berusia muda nampak sangat antusian mengikuti pelatihan ini.

Sebagai informasi, Brigadir Futo tidak mempunyai basic IT. Semua ia dapatkan dengan belajar otodidak didukung dengan ketekunan dan rasa ingin tahu yang tinggi. Atas kompetensinya itu, Ia diberikan amanah sebagai Ketua Tim Cybertroop jajaran Polres Trenggalek yang beranggotakan puluhan personel. Bintara yang pernah masuk nominasi Bhabinkamtibmas terbaik tingkat nasional tahun 2016 inipun kemudian dipercaya oleh Bidhumas Polda Jatim untuk menjadi nara sumber di beberapa Polda di Indonesia. (Febe Prima/Yoni Alfiansyah)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *