BPBD Kota BATU Kembali Rekrut Relawan Bencana

 

Batu, (Suryamojo.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu kembali merekrut warga untuk dijadikan relawan bencana sebelumnya pihak BPBD juga telah melakukan perekrutan yang sama di Desa Punten.

Lima puluh warga Desa Pesanggrahan yang direkrut sebagai relawan bencana oleh BPBD Kota Batu mereka terdiri dari anggota LINMAS dan lembaga desa seperti LPMD, PKK, RW dan juga perangkat desa.

Agar bisa menjadi relawan yang siaga, mandiri dan tangguh dalam hal penanganan bencana seluruh warga yang direkrut dibekali dengan pelatihan selama empat hari di gedung pertemuan warga desa setempat.

Materi pelatihan yang diberikan diantaranya tentang konsepsi dan manajemen bencana pertolongan pertama gawat darurat (PPGD) hunian sementara (HUNTARA) dan dapur umum.

Bukan hanya itu saja untuk memberi gambaran langsung tentang kondisi di lapangan nantinya pada hari terakhir pelatihan seluruh peserta akan diajak melakukan kegiatan simulasi atau gladi lapang.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan tentang penanggulangan kebencanaan ini nantinya para relawan bencana ini bisa memberikan peran dan sumbangsih jika sewaktu waktu terjadi bencana.

Selain merekrut 50 warga Desa Pesanggrahan Pihak BPBD sebelumnya juga telah merekrut 50 warga Desa Punten selanjutnya 50 warga Kelurahan Songgokerto bakal menjadi target perekrutan berikutnya.

Hal ini sesuai dengan target yang telah dipasang oleh pihak BPBD Kota Batu dimana pada tahun ini harus ada penambahan sebanyak 150 orang relawan bencana yang berasal dari unsur masyarakat. (Febe Prima/Yoni Alfiansyah)

Baca juga  Kodam Brawijaya Bersinergi Pulihkan Lokasi Pasca Gempa di Tuban dan Gresik

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *