Dangartap III/Surabaya Kirim Pasukan Yonzipur 5/ABW ke Kalimantan Barat

Made with LogoLicious Add Your Logo App

Caption: Dangartap III/Surabaya usai pimpin upacara pemberangkatan Pasukan Yonzipur

Surabaya, (Suryamojo.com) – Dangartap III/Surabaya, Mayjen TNI Rafael Granada Baay memberangkatkan pasukan Yonzipur 5/ABW ke Kalimantan Barat, tepatnya di perbatasan Indonesia-Malaysia.

Di Kalimantan Barat, pasukan Yonzipur tersebut nantinya akan mengemban tugas sebagai pasukan pengaman perbatasan antar negara.

Beberapa tugas, ucap Dangartap, nantinya akan diemban oleh Satgas Pamtas Yonzipur 5/ABW, beberapa tugas tersebut diantaranya ialah penjagaan, pengamanan dan patroli di sepanjang garis batas.

“Tugas utama Satgas ini adalah memastikan keamanan dan keutuhan wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat. Mereka akan melakukan patroli rutin, pengawasan, serta pemantauan terhadap aktivitas di wilayah perbatasan,” kata Dangartap usai memimpin upacara pemberangkatan pasukan Yonzipur di Dermaga Ujung Koarmada II, Surabaya. Kamis, 30 Mei 2024 pagi.

Bukan hanya itu, Mayjen TNI Rafael mengungkapkan, selain melakukan pemantauan dan pengawasan, Satgas Yonzipur nantinya juga diwajibkan untuk melakukan berbagai upaya pencegahan aktivitas ilegal maupun hal-hal yang dinilai dapat mengganggu keamanan.

“Tentunya, Satgas Yonzipur akan bersinergi dengan instansi terkait dalam melakukan berbagai tindakan pencegahan selama berada di perbatasan,” jelas Mayjen TNI Rafael.

Dangartap menambahkan, sebelum diberangkatkan berbagai persiapan telah dilakukan. Persiapan itu, termasuk soal pengecekan kesiapan para pasukan Yonzipur.

“Mulai dari penyiapan sarpras dan berbagai persiapan lainnya. Satgas Pamtas ini telah menjalani latihan intensif untuk memastikan mereka siap melaksanakan tugas di perbatasan,” tegasnya. (Pendam/Yon)

Baca juga  Letkol Wira Pimpin Kenaikan Pangkat Prajurit Kodim Lamongan

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *