Jaga Kebugaran Fisik, Kodim 0815 Mojokerto Gelar Ketahanan Mars di Minggu Militer

 

Mojokerto, (Suryamojo.com) – Untuk menjaga dan memelihara kebugaran, personel militer dan PNS/ASN Kodim 0815 Mojokerto melaksanakan Ketahanan Mars (Hanmars) dalam rangka Minggu Militer bulan ketiga pada triwulan pertama Tahun 2018 dengan Start dan Finish di Lapangan Desa Kutorejo Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (29/03/2018).

Sebelum pemberangkatan, dilaksanakan apel pengecekan personel yang dipimpin langsung Dandim 0815/Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH. Dalam penekanannya Dandim 0815 menegaskan, sebagai prajurit harus ingat jati diri salah satunya harus bisa melakukan kegiatan-kegiatan kemiliteran.

Kalau tentara melakukan kegiatan Hanmars harusnya minimal dengan jarak 15 kilometer dengan menggunakan ransel dan bersenjata. Bila kurang dari jarak tersebut sama juga dengan jalan sehat, tapi untuk sementara bisa ditolerir karena ada PNS/ASN. “Kegiatan ini bersifat rutin, untuk itu laksanakan dengan penuh semangat”, tandas Dandim.

Salah satu tujuan dari kegiatan ini, yaitu untuk memelihara stamina atau kebugaran agar tetap prima dan melatih kemampuan fisik guna mendukung kesiapan prajurit dan PNS/ASN dalam melaksanakan tugas pokok satuan. “Khususnya untuk prajurit harus tetap semangat”, tandas Dandim.

“Pelihara kekompakan dalam barisan, jaga etika dan sopan santun serta perhatikan faktor keamanan selama perjalanan”, pungkasnya.

Berikutnya Pasiops Kodim 0815/Mojokerto Kapten Inf Sasminto dan Danramil 0815/13 Kutorejo Kapten Inf Desto Jumeno menjelaskan tentang route perjalanan yang ditempuh dengan jarak ± 8 Km, melalui Rute Start Lapangan Desa Kutorejo – Jalan Desa Gedangan – Desa Kepuharum – Desa Kertosari – Monumen Watu Gede – Jalan Raya Kutorejo – Finish Lapangan Desa Kutorejo.

Ditambahkan oleh Pasiops, pada kegiatan Hanmars yang melibatkan anggota seluruh Koramil di lingkup Kodim 0815 kali ini, dirinya sengaja memilih medan di wilayah seputaran Kutorejo, karena selain udaranya masih sejuk, juga untuk memperkenalkan wilayah Kutorejo kepada sesama anggota koramil lainnya.

Sebelum peserta diberangkatkan, terlebih dahulu dilaksanakan senam peregangan yang dipimpin oleh Bati Tuud Koramil/11 Pungging, Peltu Agus Gunadi. Setelah selesai Senam peregangan, Pasiops melepas peserta Hanmars yang dibagi dalam susunan peleton-peleton.

Setelah seluruh peserta Hanmars memasuki Finish di Lapangan Desa Kutorejo, dilakukan senam pelemasan oleh Letda Inf Wahyono selanjutnya menuju Makoramil 0815/13 Kutorejo untuk menyesuaikan kegiatan berikutnya.

Sejumlah 265 personel, mengikuti kegiatan tersebut, Selain Dandim 0815, Kasdim 0815 Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, Para Danramil Jajaran Kodim 0815, Para Pa Staf Kodim 0815, personel militer dan PNS Kodim 0815 serta Koramil Jajaran Kodim 0815. Dan yang membuat kegiatan Hanmars kali ini cukup menarik, karena hadirnya Kapolsek Kutorejo, AKP Putu Sadia, SH., Wakapolsek Kutorejo Ipda Misdak, Ka Taud Aiptu Sutrisno serta beberapa anggota Polsek Kutorejo. Ini merupakan bentuk sinergitas dan soliditas TNI – Polri dalam berbagai forum kegiatan. (febe Prima/Yoni Alfiansyah)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *