Satgas Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan Ajari Warga Perbatasan RI-PNG Tanam Padi

 

(Suryamojo.com) – Meskipun berada di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG), ternyata personel Satgas Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan mengajari warga diperbatasan untuk bermotor tanam. Satgas juga memiliki tekad yang kuat dalam mendukung program pemerintah, terlebih program swasembada ketahanan dan pangan yang merupakan program penting pemerintahan Jokowi-JK.

Dansatgas Yonif Raider 500/Sikatan, Letkol Inf Shidik mengatakan, pembekalan penanaman padi jenis gogo yang ditujukannya kepada warga di wilayah perbatasan kali ini, merupakan salah tugas utama yang harus dilakukannya dalam mendukung program pemerintah. “Inilah wujud ketahanan dan pangan di wilayah perbatasan,” ungkap Letkol Shidik melalui rilis diterima JNR, Selasa (1/5/2018) siang.

Tak peduli akan panasnya terik sinar matahari, menurut Dansatgas Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan ini, semangat yang ada di dalam diri masyarakat, seakan terpacu untuk bisa mempelajari proses penanaman padi tersebut. “Pembekalan ini, mendapat respon positif dari warga. Untuk itu, di lahan seluas 1 hektar ini, warga diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan,” pintanya.

Perlu diketahui, bibit padi jenis Gogo yang ditanam oleh Satgas Raider 500/Sikatan bersama warga perbatasan Indonesia-Papua Nugini tersebut, memiliki kelebihan tersendiri.

Tak hanya mampu bertahan di lahan kering saja. Menurut Letkol Shidik, bibit padi tersebut, juga memiliki kadar amilosa dalam beras sebesar 18% yang nantinya mampu menghasilkan tekstur beras yang sangat pulen. “Bibit padi itu, sangat sesuai jika ditanam di lahan kering subur, maupun lahan kering podsolik merah kuning. Itu, sangat berguna dan bermanfaat bagi warga di wilayah perbatasan,” jelasnya.  (Febe Prima/Yoni Alfiansyah)

Baca juga  Prajurit Rusa Hitam Bagikan Bingkisan Natal

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *