Waka Polda Jatim : Polisi Juga Patroli di Dunia Maya

 

Surabaya, (Suryamojo.com) – Sampai saat ini sudah ribuan situs yang di take down oleh Polda Jatim. Hal itu disampaikan Waka Polda Jatim Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo, seusai membuka Rakernis Bidang Humas TA 2018, di gedung Rupatama Mapolda Jatim, Kamis (29/3/2018).

Meski Jenderal bintang satu ini enggan merinci jumlah persisnya situs situs yang dihilangkan peredarannya dari dunia maya. Namun dipastikan, situs tersebut telah membahayakan bagi keamanan dan ketertiban masyarakat. ” Yang jelas cukup besar, angkanya tidak disebutkan tapi cukup besar,” tegas Waka Polda Jatim.

Untuk memastikan informasi yang tersebar ke masyarakat adalah informasi yang benar, bukan hoax dan ujaran kebencian, polisi telah memiliki teknologi untuk melacak keberadaan situs situs yang merugikan tersebut.

“Kami punya alat-alat juga, punya instrumen cyber troop ini bisa melacak untuk mentrace kegiatan-kegiatan masyarakat yang kontraproduktif yang tidak membangun itu,” lanjutnya.

Hal itu terbukti, beberapa waktu terakhir ini, kata Waka Polda Jatim, tren atau kecenderungan warga net untuk menggunggah informasi atau konten konten hoax maupun ujaran kebencian mengalami penurunan.

“Jadi polisi bukan hanya patroli secara nyata, tapi juga patroli melalui media sosial. Sekarang ya kami sudah punya alatnya,” tandasnya.

Diakui Waka Polda, secara terpusat di Divhumas Polri tapi untuk seluruh Polda juga telah memiliki alat patroli media sosial tersebut. “Dan kami bisa minta bantuan dari Mabes Polri untuk melacak situs-situs yang tidak bagus itu,” katanya.

Sementara itu, dalam Rakernis Humas jajaran Polda Jatim tersebut, Waka Polda menjelaskan, jika Humas juga memiliki peran yang strategis dalam meminimalisir beredarnya berita hoax di masyarakat. (Febe Ertin/Yoni Alfiansyah)

Baca juga  Terima Pemuda Pancasila Purbalingga, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Kawal Pemilu Jurdil

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *