DPRD Minta Kepada Pemprov Jatim Berikan Pelatihan Dan Bantuan Modal Ke UMKM

 

Surabaya, (Suryamojo.com) – Anggota DPRD Jatim, SW Nugroho meminta dan berharap kepada pemerintah Provinsi Jatim untuk terus memberikan pelatihan – pelatihan kepada para pelaku UMKM di wilayah pelosok. Terutama di wilayah dapil VIII Mojokerto, Jombang, Nganjuk, dan Madiun.

“Pemerintah harus hadir langsung ke masyarakat, baik pelatihan, pemberian bantuan modal, hingga proses pemasaran. Sehingga dengan bantuan dari pemerintah pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya, dan para pelaku UMKM ini tetap eksis dan siap bersaing di tengah pasar,”ujarnya SW Nugroho poltisi asal Dapil VIII ini.

Banyaknya UMKM yang tumbuh dan berkembang di masyarakat saat ini merupakan hak yang positif didalam penopang peerekonomian ditengah kondisi perekonomian bangsa yang masih belum stabil.

Keberadaan UMKM yang ada lanjutnya harus ditopang dengan beberapa kebijakan oleh pemerintah agar keberadannya tidak hanya berada didaerah saja. Tapi bisa dikenal diluar daerah prodak prodak yang dihasilkan oleh UMKM.

“Satu sisi kita bangga saat ini UMKM terus muncul dimasyarakat dengan prodak prodaknya yang cukup bagus. Namun bila prodak prodak tersebut hanya di kenal didaerah sekitarnya cukup disayangkan. Padahal prodak prodak yang dihasilkan bisa bersaing di luar daerah atau wilayahnya,” ujarnya.

Selain itu Juga pihaknya menyampaikan, Para petani di daerah pemilihan (Dapil) VIII banyak mengeluhkan gagal panen yang disebabkan anomali cuaca. Masih turun hujan meskipun telah memasuiki musim kemarau. Hal ini sangat berpengaruh pada pertanian. “Yang banyak dikeluhkan masyarakat itu masalah pertanian. Banyak yang mengalami gagal panen karena anomali cuaca,” katanya.

Menurutnya, keberadaaan kegiatan pertanian menjadi salah satu penentu dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional yang merupakan salah satu prioritas bagi pemerintah. Oleh karena itu sektor pangan sangat berkontribusi besar terhadap sektor pertanian. Sebagai salah satu prioritas kebijakan untuk mewujudkan misi Indonesia yang sejahtera.

Salah satu wilayah yang memiliki potensi besar di sektor pertanian adalah Kabupaten Madiun. yang memiliki luas wilayah sebesar 101.086 hektare.

Berdasarkan peningkatan dan pentingnya sektor pertanian tersebut, maka dalam usaha mendukung program Kabupaten Madiun sebagai lumbung padi Provinsi Jawa Timur, dilakukan beberapa usaha untuk pengembangan sektor pertanian melalui program intensifikasi dan eksentifikasi lahan irigasi, pengembangan dari potensi sumber-sumber air yang ada, dan pengembangan jaringan irigasi. (Febe Ertin/Yoni Alfiansyah)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *