Menteri PAN RB Puji Sentra Layanan Kepolisian Terpadu Polda Kalteng

 

Palangka Raya, (Suryamojo.com) – Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah termasuk salah satu Polda yang mendapat penilaian dari Kementerian PAN RB dalam rangka meningkatkan Tipe Polda Kalteng dari Tipe B menjadi Tipe A.

Perbedaan mendasar antara tipe Polda A dan tipe Polda B adalah tipe A dipimpin seorang perwira bintang dua berpangkat Inspektur Jenderal Polisi, sedangkan tipe B dipimpin perwira tinggi bintang satu berpangkat Brigadir Jenderal Polisi. “ Tahun ini Kementerian PAN-RB sedang mengevaluasi empat Polda di Indonesia untuk peningkatan tipe B ke tipe A. Empat Polda tersebut adalah Polda Kalteng, Polda Kalsel, Polda NTB, dan Polda Jambi”, jelas Menteri PAN RB Asman Abnur.

Menteri PAN RB Asman Abnur mengemukakan hal itu ketika mengunjungi Polda Kalteng di Palangka Raya, Rabu (25/04/2018). Menteri PAN RB Asman Abnur didampingi Plt.Setda Kalteng Fahrizal Fitri beserta Asisten Perencanaan Anggaran (Asrena) Kapolri Irjen.Pol.Drs. Bambang Sunarwibowo dan rombongan ketika mengunjungi ruangan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) menilai  pelayanan yang dimiliki Polda Kalteng sudah bagus. “Harapan Saya, ketika masyarakat menyampaikan laporan dapat terbantu dengan adanya petugas dari berbagai fungsi”, kata Menteri PAN RB.

Kunjungan Kerja Menteri PAN RB RI dan Asrena Kapolri ini dalam rangka meninjau dan menilai kesiapan peningkatan tipologi Polda Kalteng dari tipe B menjadi tipe A. Kunjungan ini bisa menjadi isyarat jika Polda Kalteng mampu meningkatkan statusnya, namun hasilnya bergantung pada evaluasi dan keputusan yang ditentukan akhir bulan April 2018.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Asman Abnur mengatakan, jika Polda Kalteng ditingkatkan tipenya menjadi tipe A, maka banyak hal yang harus dipedomani antara lain pelayanan berbasis teknologi harus ditingkatkan dan dalam melayani masyarakat harus ramah sehingga masyarakat yang melaporkan permasalahannya merasa terlayani dengan baik. “Kita berdoa saja semoga Polda Kalteng salah satu Polda yang akan dinaikan tipenya”, jelas Asman Abnus.

Baca juga  Menteri Pertanian Apresiasi Semangat Pangdam V/Brawijaya

Asman menambahkan bahwa akhir bulan ini hasil evaluasi kenaikan tipe tersebut akan disampaikan ke Kapolri. “Kami serahkan nanti hasilnya ke Kapolri, apakah naik atau tetap. Bahkan ada juga yang kami evaluasi turun,” terang Asman secara gamblang. Penentuan kenaikan tipe ini menurut Asman bergantung pada kinerja Polri. Beliau menjelaskan bahwa tolak ukur evaluasi kenaikan status ini adalah bagaimana kinerja Polri dinilai dari akuntabilitas, pelayanan publik, keramahtamahannya, dan sebagainya.

Sementara itu Kapolda Kalteng Brigjen Pol. Anang Revandoko dalam paparannya menjelaskan berbagai terobosan aplikasi berbasis teknologi antara lain aplikasi  RIM Polda Kalteng yang digunakan untuk memudahkan calon anggota Polri mendaftar dan Aplikasi Sigap Karhutla untuk memudahkan petugas dan masyarakat menemukan lokasi titik api.

“Terobosan yang kami buat, semata-mata untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan mudah, cepat dan efisien dari Polri” tegas Anang Revandoko.

Berkaitan dengan Pilkada serentak 2018, Direktur Polair Polda Kalteng Kombes Pol. Badarudin menyatakan kesiap-siagaan Tim Polisi Air dalam menyambut Pilkada Kalteng. “ Kami sudah menyiapkan kapal apabila KPU membutuhkan pengawalan maupun pengantaran logistik Pemilu yang berada di daerah aliran sungai khususnya di daerah terpencil di Kabupaten Kapuas, Barito Selatan, Barito Timur, Kotawaringin Barat, Seruyan, Kotawaringin Timur dan Palangka Raya”, jelas Badarudin. (Febe Ertin/Yoni Alfiansyah)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *