Peringatan Hari Lahir Pancasila, AKBP Didit BWS : Teguhkan Komitmen Berbangsa dan Bernegara

 

Trenggalek, (Suryamojo.com) – Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. bersama jajaran Forkopimda mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila di alun-alun kabupaten Trenggalek. Jum`at (01/06/2018)

Betindak selaku inspektur upacara adalah Plt. Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin. Sedangkan sebagai peserta upacara adalah peleton TNI dari Kodim 0806 Trenggalek, personel Polres Trenggalek, Satpol PP, ASN Lingkungan Pemkab Trenggalek, perwakilan pelajar dan mahasiswa.

Dalam amanat Presiden RI yang dibacakan oleh inspektur upacara menegaskan selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama itu pula Pancasila sudah menjadi rumah bangsa Indonesia yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

“Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh. Menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur” Ucap H.M. Nur Arifin di hadapan peserta upacara

Selain itu, Kepada seluruh komponen bangsa diharapkan untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah dalam membawa Indonesia menuju negara maju dan jaya

Dihubungi terpisah, menyikapi peringatan hari lahir Pancasila, AKBP Didit menuturkan, Pancasila merupakan anugrah bagi bangsa Indonesia yang menjadi alat pemersatu bangsa. Peringatan ini hendaknya dimanfaatkan sebagai momen pengingat, pemacu dan aktualisasi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Upacara ini meneguhkan kembali komitmen kita untuk mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat berbangsa dan bernegara.” Jelas AKBP Didit

Tidak hanya di alun-alun, Polres Trenggalek juga menggelar upacara peringatan hari Pancasila tersendiri di halaman Mapolres. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wakapolres Kompol Agung Setyono, S.S dan Komandan upacara Iptu Radyati Putri Pradini, S.I.K. sedangkan peserta upacara adalah seluruh personel Polres Trenggalek ditambah perwakilan Polsek jajaran. (Febe Ertin/Yoni Alfiansyah)

Baca juga  Pangdam Brawijaya Hadiri Apel Pasukan Operasi Aman Bacuya 2023

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *