Viral, Lubang Misterius di Tengah Sungai Prono Probolinggo Hebohkan Warga

 

Probolinggo, (Suryamojo.com) – Baru-baru ini terjadi kehebohan di Probolinggo, Jawa Timur. Kehebohan itu tak lain adalah beredarnya video penampakan lubang misterius di tengah-tengah sungai di Desa Sumberbulu, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo. Sumur di atas sungai Prono ini pun menggegerkan masyarakat setempat dan dunia maya.

Sebuah lubang yang berdiameter sekitar 4 meter dengan kedalaman 5 meter yang berada di tengah sungai tersebut sangat unik, karena terlihat dari atas menyedot semua air yang mengalir namun tak kunjung habis. Kini, sumur itu jadi salah satu destinasi wisata yang makin rame dikunjungi warga yang penasaran.

“Lubang tersebut merupakan irigasi air atau dalam bahasa teknik atau dalam bahasa tekniknya disebut Sipon. Sudah ada pada jaman Belanda,” tutur Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad saat mengunjungi lokasi, Kamis (5/4/2018) pagi tadi bersama rombongan.

Kapolres juga mengatakan bahwa lubang air itu tujuannya untuk menanggulangi banjir dengan mengalirkan sungai yang ada di bawah sungai Prono tersebut ke sisi utara Desa Sumberagung.

“Di Probolinggo, pembangunan irigasi dilakukan secara besar-besaran pada tahun 1800-an. Sipon sendiri merupakan saluran sungai yang dibangun di bawah permukaan sungai. Air lancar mengalir tanpa memerlukan pompa lagi, karena energi air sudah keluar dengan sendirinya dan bekerja dengan sistem gravitasi” Terang AKBP Fadly Samad.

Menyikapi berita yang viral karena lubang irigasi itu, Polres Probolinggo pun memasang tanda himbauan dan police line di area sungai prono. Hal ini dikarenakan animo masyarakat yang berbondong-bondong ingin tahu keberadaan irigasi air yang unik tersebut. (Febe Prima/Yoni Alfiansyah)

Baca juga  Kodam Brawijaya Bersinergi Pulihkan Lokasi Pasca Gempa di Tuban dan Gresik

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *