Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Pantau Keberadaan Elang Jawa

 

(Suryamojo.com) – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) lakukan monitoring satwa prioritas Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) sejak Januari hingga Desember 2018.

Dalam rilis yang disampaikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kamis (19/4), Toni Artaka salah anggota tim monitoring Elang Jawa di site monitoring BBTNBS menuturkan, bahwa mereka berhasil menemukan sarang yang aktif dihuni oleh sepasang elang jawa, ini merupakan penemuan perdana selama kegiatan monitoring yang dilakukan di site monitoring BBTNBTS.

Di tempat lain, tim juga dapat mendokumentasi perilaku kawin (Display Talon) dimana mereka terbang bersama dan sesekali seperti “berkelahi” namun pada faktanya itu merupakan perilaku dari musim kawin.

Berdasarkan hasil Monitoring yang dilakukan setiap tahun sejak tahun 2012, diperoleh data populasi Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) pada site monitoring BBTNBTS adalah sebanyak 21 individu. Kegiatan monitoring serta pembinaan habitat Elang Jawa bertujuan untuk memastikan target peningkatan populasi 2% dari baseline data tahun 2012 berhasil.  (Febe Prima/Yoni Alfiansyah)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *