Kasandidam V/Braw : Pentingnya Koordinasi Persandian di Instansi TNI-Polri dan Pemerintahan

 

Surabaya, (Suryamojo.com) – Kepala Sandi Kodam  (Kasandidam) V Brawijaya, Letkol Kav Donova Pri Pamungkas menjelaskan bahwa cyber dan persandian sangatlah penting bagi keutuhan dan keamanan negara Indonesia. Hal itu disampaikannya dalam acara “Assessment Persandian bagi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten/Kota se Jawa Timur” di Diskominfo Jatim, Senin (30/4/2018).

“Perangkat daerah dalam memberikan perlindungan dan jaminan keamanan informasisudah menjadi kewajiban dan tuntutan di setiap instansi pemerintah baik provinsi, kabupaten maupun kota, mengingat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin penting dalam peningkatan kualitas layanan terhadap pengamanan informasi yang merupakan salah satu realisasi dari tata kelola pemerintahan yang baik,” ujarnya.

Dengan adanya kesadaran pentingnya koordinasi persandian di instansi TNI-Polri dan pemerintahan, dia berharap bahwa informasi dapat disampaikan secara cepat dan tepat kepada para pejabat pemerintahanUntuk mendukung koordinasi persandian tersebut, Kasandidam memberikan pendapatnya bahwa diperlukan adanya Forkomsanda yang dilakukan dalam jangka waktu satu hingga dua bulan sekali.

“Tujuan pembentukan Forkomsanda Jatim yaitu memaksimalkan fungsi koordinasi antar unsur forkomsanda dalam pelaksanaan pembangunan dan penyelesaian masalah aktual di daerah sesuai UU No 23 tahun 2014 pasal 26 tentang pembentukan forum koordinasi umum,” ungkapnya.

Dia juga memberikan saran dan masukan kepada anggota persandian pemerintahan agar kedepannya sistem persandian negara dapat lebih aman lagi dan dapat ditingkatkan koordinasinya antara TNI-Polri dengan pejabat pemerintahan.

“Mohon dapatnya forkomsanda Jatim segera dibentuk dan direalisasikan, intensitas pertemuan pejabat persandian di Jatim ditingkatkan, mohon dapatnya masing- masing instansi yang terkait dengan bidang persandian mendukung rencana pembentukan forkomsanda Jatim, percepatan dalam pembentukan organisasi forkomsanda Jatim,” pungkasnya. (Febe Prima/Yoni Alfiansyah)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *