Kemeriahan Pawai Ogoh – Ogoh Dalam Rangka Hari Raya Nyepi Desa Wonomerto – Wonosalam

 

JOMBANG, (Suryamojo.com) – Ribuan masyarakat dari dalam serta luar desa Wonomerto kecamatan Wonosalam kabupaten Jombang tumplek blek di sepanjang jalan raya desa Wonomerto hingga desa Galengdowo. Mereka sangat antusias menyaksikan pawai ogoh-ogoh yang setiap tahun diadakan panitia dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi. Acara yang dilaksanakan Jum’at (16/03/2018) siang pukul 13.00 WIB itu dihadiri jajaran Muspika, kepala desa se kecamatan Wonosalam, tokoh masyarakat serta karang taruna.

Peringantan Hari Raya Nyepi merupakan Hari Raya bagi Umat Hindu. Adapun salah satu rangkaian acara dengan menggelar pawai ogoh-ogoh ialah sebagai simbul melawan keburukan yang ada dalam diri manusia. Oleh karena itu, patung ogoh-ogoh yang diarak akhirnya dibakar dengan tujuan menghilangkan sifat buruk manusia yang selama ini tertanam dalam hati.

“Acara seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahun, alhamdulillah tidak ada rasa iri dan dengki dari warga sekitar meskipun berbeda keyakinan. kerukunan antar umat beragama masih terlihat kental di wilayah Wonosalam pda umumnya”, terang Doni salah satu warga yang beragama Islam

Ni Komang salah satu peserta pawai menyampaikan kepada Suryamojo.com bahwa dirinya sangat menikmati acara yang digelar setiap tahun ini, Dirinya merasa aman dan nyaman meskipun harus dikelilingi masyarakat yang berbeda keyakinan.

“Saya berharap acara seperti ini bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat luas, sehingga masyarakat bisa mengetahui bahwa kerukunan umat beragama itu masih ada serta indah, tambah Ni Komang.(yon/tin)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *