Samling Ngabuburit, Terobosan Pelayanan Satlantas Polres Trenggalek di Bulan Ramadhan

 

Trenggalek, (Suryamojo.com) – Tak terasa bulan Ramadhan telah memasuki hari ke-20. Disepanjang hari itu pula, jajaran Satlantas Polres Trenggalek khususnya pelayanan Samsat setiap hari menggelar Samsat Keliling atau yang biasa disebut Samling Ngabuburit. Sesuai namanya, Samling ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat yang hendak memperpanjang pajak kendaraan di sore hari sembari menunggu bedug Magrib.

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K., menuturkan, program Samling Ngabuburit ini sengaja digelar untuk memudahkan para wajib pajak sekaligus meramaikan bulan Ramadhan.

Agar efektif, lokasi Samling pun dipilih titik-titik dimana menjadi ramai oleh aktivitas masyarakat khususnya sore hari menjelang buka puasa. Jam operasional pun disesuaikan dengan waktu Ngabuburit yakni mulai pukul 15.00 hingga 18.00 Wib

“Ada 3 lokasi yang menjadi sentra pelayanan Samling, antara lain Stadion menak sopal, pusat perbelanjaan dan alun-alun Trenggalek. Ke-3 nya merupakan pusat kegiatan masyarakat disore hari sambil ngabuburit” Jelas AKP Ricky

Menurutnya, selain memberikan pelayanan terkait pembayaran pajak kendaraan, personel Polri yang terlibat juga melakukan pengamanan kegiatan masyarakat.

“Jadi dua tugas sekaligus dijalankan. Pelayanan dan pengamanan masyarakat yang ngabuburit” Imbuhnya

Dari pantauan tim redaksi di stadion Menak Sopal sore ini, masyarakat nampak cukup antusias atas keberadaan Samling ini. Banyaknya warga yang hendak memperpanjang pajak motor membuat petugas sedikit kewalahan. Meskipun demikian, masyarakat tetap antri dengan tertib.

Wardi, salah seorang warga kelurahan kelutan yang kebetulan akan membayar pajak motor miliknya di Samling tersebut mengatakan dirinya sangat terbantu dengan Samling Ngabuburit ini. Dirinya tidak perlu ke kantor Samsat yang berada di kota namun cukup mendatangi Samling tersebut.

“Sangat terbantu. Biasanya kan hanya sampai siang hari. Nah sekarang sore hari pun bisa bayar pajak motor. Ya sekalian sambil Ngabuburit tunggu magrib”, Ujarnya. (Febe Ertin/Yoni Alfiansyah)

Baca juga  Pangdam Brawijaya Mayjen Farid Makruf Tegaskan Netralitas TNI Dihadapan Aparat Teritorial

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *